SKD Selesai, Antoni: Kita Tunggu Keputusan BKN

Mentok- Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Bangka Barat telah selesai dilaksanakan. Tes yang dimulai pada Senin, 3 Februari 2020 berakhir pada Jumat, 7 Februari 2020. Kepala Badan Kepegawaian, Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka Barat, Antoni Pasaribu, S. Pd saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa total pendaftar CPNS Tahun 2019 berjumlah 2029 orang. Akan tetapi yang hadir seleksi sampai hari terakhir berjumlah 1919 orang, sedangkan 110 lainnya tidak hadir tanpa keterangan.
Dikonfirmasi terkait dengan waktu pengumuman peserta yang lolos untuk mengikuti tes SKB, Antoni menyatakan bahwa pengumumannya akan dipublikasikan menunggu instruksi BKN Pusat.
“Pengumuman peserta yang lolos ke tes selanjutnya akan dilakukan setelah seluruh pelaksanaan tes SKD selesai dilakukan di seluruh wilayah di Indonesia”, jelasnya.
Akan tetapi, berdasarkan passing grade, dirinya menjelaskan bahwa peserta yang lolos berjumlah 811 orang, sedangkan 1218 lainnya tidak memenuhi ambang batas nilai yang ditentukan.
“Untuk lolos SKD, peserta harus memenuhi nilai TWK (Tes Wawasan kebangsaan) 65, TIU (Tes Intelegensi Umum) 85, dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi) 126 sehingga total nilai keseluruhan minimal yang harus dipenuhi adalah 271. Untuk di Bangka Barat, peraih nilai tertinggi berasal dari formasi pengelola pengadaan barang dan jasa dengan capaian nilai 430”, paparnya.
Berkaitan dengan pelaksanaan tes SKD, Antoni mengatakan pelaksanaan tes berjalan lancar dan tidak menemui hambatan yang berarti karena pihaknya sudah mengikuti aturan yang ditetapkan.
“Akan tetapi, terdapat perbedaan antara pelaksanaan tes tahun ini dan tahun lalu. Kalau pada tahun lalu yang bertindak sebagai tim panitia seleksi adalah LPMP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, BKN Pusat serta BPKP Pusat dengan menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Untuk seleksi CPNS TA 2019 kali ini, yang melakukan fungsi tersebut adalah langsung dari Kantor BKN Regional VII Palembang dengan menggunakan sistem CAT BKN”, ujarnya.

Sumber: 
Diskominfo
Penulis: 
Wahyu Pratiwi
Fotografer: 
Yogie Diskominfo
Bidang Informasi: 
Bidang Pengadaan dan Mutasi
Tags: 
skd | cpns | bangka barat